Sunday, April 10, 2011

Tentang Api

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhAPbTAkPE4q_zM91_6FXjjZ2QNtFCVw2xzi7GKg_p6FNeJCm-OjLw_Q6-kdoX0UmL3PisSYcAMd-M0ikoQhjdcniTJAxTcazVEqzx4spv_xtxDLaSN7no7igrbrlOasYfI9u8PgJUliNA/s1600/candle1.jpg
Api berupa energi berintensitas yang bervariasi dan memiliki bentuk cahaya (dengan panjang gelombang juga di luar spektrum visual sehingga dapat tidak terlihat oleh mata manusia) dan panas yang juga dapat menimbulkan asap. (wikipedia)

Macam-macam Api:

1. Api Merah

api berwarna merah/kuning ini biasanya bersuhu dibawah 1000 derajat celcius.api jenis ini termasuk api yang "kurang panas" dikarenakan jarang atau kurang sering digunakan di pabrik-pabrik industri baja/material.kalau di matahari,api ini berada pada bagian paling luar.

2.Api Biru
 http://palmae.amanhosting.com/wp-content/uploads/2009/01/blue_flame2.jpg
api berwarna biru merupakan api yang mungkin sering kita jumpai.biasanya api ini sering kita lihat di kompor gas. Rata2 suhu api yang berwarna biru kurang dari 2000 derajat celcius.api ini berbahan bakar gas dan mengalami pembakaran sempurna. Jadi tingkatan api biru diatas merah.

3. Api Putih
http://www.sheffield.ac.uk/content/1/c6/08/15/26/Black%20and%20white%20fire.jpg
ini merupakan api paling panas yang ada dibumi.Warna putihnya itu dikarenakan suhunya melebihi 2000 derajat celcius. api ini berada di dalam inti matahari,dan muncul akibat reaksi fusi oleh matahari.api ini paling banyak digunakan di pabrik2 yang memproduksi material besi dan sejenisnya.

Tapi taukah anda bahwa api yang paling panas itu berwana HITAM, api hitam adanya di NERAKA. Ini terbukti dari waktu Allah SWT menyuruh malaikat ngambil api dari neraka buat kehidupan di bumi, si penjaga neraka memberi api dari neraka cuma seukuran semut gan tapi didinginkan dulu sampe 70 masa ( sekitar 350rb tahun kalo di bumi ) terus perlahan api itu berubah warna dari HITAM > PUTIH > BIRU > MERAH

Warna dari api juga bisa dibuat dengan sengaja tapi ada bahan khusus yang dipakai untuk membuat warna api antara lain:
1. Red Strontium Chloride = bikin api merah
2. Orange Calcium Chloride = api oranye
3. Yellow Sodium Chloride = api kuning
4. Green Copper Sulfate = api hijau
5. Blue Copper Chloride = api biru
6. Violet 3 parts Potassium Sulfate 1 part Potassium Nitrate = api ungu
7. White Magnesium Sulfate = api putih

Dan terakhir jikasemua bahan itu dicampur akan menghasilkan api warna warni
http://dvice.com/pics/fire1.jpg

sumber 1
sumber 2
dll

No comments:

Post a Comment