Thursday, December 25, 2008

'THE DARK KNIGHT' DILARANG DIPUTAR DI CHINA


Sekuel laris Batman,
THE DARK KNIGHT, tak akan diputar di bioskop-bioskop China, demikian Warner Bros, menyatakan dalam sebuah pernyataannya Rabu (24/12). Diungkapkan, film yang mendapat sambutan positif dan menjadi film terlaris kedua dalam sejarah box office Amerika Serikat itu tidak akan dengan 'kepekaan kultural' disebut-sebut sebagai salah satu alasannya.

"Berdasarkan pada sejumlah prasyarat pra-rilis yang diberikan pada THE DARK KNIGHT dan kepekaan kultural pada beberapa elemen dari film ini, kami memutuskan untuk tak melakukan penayangan film ini di China," kata pernyataan yang dikirim lewat email kepada AFP.

Tak jelas apa yang dimaksud 'kepekaan budaya' itu. Namun yang pasti, dalam film tersebut terdapat adegan yang diambil di Hongkong, di mana Batman, yang diperankan Christian Bale, meringkus seorang pencuci uang China.

Pada 2006, otoritas China juga pernah melarang rilis film Hollywood MEMOIRS OF A GEISHA di tengah spekulasi pemeran pelacur Jepang yang dibawakan aktris China dapat memicu kontroversi di tengah masyarakat.

Film drama koboi gay BROKEBACK MOUNTAIN besutan sutradara Taiwan, Ang Lee, juga dilarang diputar di China.

No comments:

Post a Comment